>

Halo !!! Saya Kang Ismet, ini adalah blog tentang AMP HTML dan cara penerapannya

Ini Nih Plus dan Minus-Nya Sepeda Motor Matic

Maniax Motor Com Com - Hai sahabat Maniax Motor, Akhir-akhir ini konsumen otomotif di Indonesia cenderung lebih menyukai motor jenis skutik ketimbang motor manual. 

Hal ini bisa dilihat secara jelas berdasarkan data statistik penjualan sepeda motor versi AISI, dan beberapa waktu lalu Maniax Motor juga sudah mengulasnya dengan Judul 10 Jenis Motor Paling Laris tahun 2015


Meskipun motor skutik/matic baru populer di Indonesia tahun 2000an, Namun sebenarnya motor skutik sudah ada di pasaran sejak tahun 1980an. 

Pada tahun 1990 muncul motor skutik buatan Vespa mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. Dan muncul motor skutik bernama Kymco dan diikuti oleh Yamaha Nuovo pada tahun 2000-an. Semuanya tidak menuai sukses merebut hati konsumen, dan pada akhirnya muncul Yamaha Mio pada tahun 2004 dengan pertumbuhan penjualan yang cukup signifikan dibanding motor skutik sebelumnya. 

Hal ini dipengaruhi oleh teknik marketing yang tepat dan juga karena pengoperasian motor jenis matik lebih mudah, sehingga secara perlahan penjualan motor matik meningkat tajam. 

Walaupun sepeda motor skutik terdapat beberapa kelebihan dibanding motor jenis lain, tentu masih juga memiliki kelemahannya. Lalu, apa saja yang menjadi kekurangan dan kelebihan tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya: 

Kelebihan Motor Skutik / Metik


Kelebihan yang bisa kita rasakan dari sepeda motor jenis skutik tentunya adalah kenyamanan. Nggak perlu oper gigi atau bermain kopling lagi untuk mengoperasikannya. Sehingga dalam kondisi jalan macet, motor ini tetap nyaman.

Dalam hal kapasitas bagasinya pun bisa terlihat jelas. Bagasi motor skutik tentu lebih luas dibanding bagasi motor jenis bebek. 

Motor matik juga bisa digunakan oleh siapapun, mulai dari ayah, ibu, dan juga anak. sehingga bisa dikatakan sebagai motor multi fungsi.

Kelemahan motor skutik/metik


Salah satu kekurangan yang paling dirasakan oleh pengguna motor jenis metik/skutik adalah penggunaan bahan bakarnya yang relatif lebih boros daripada  motor bebek, terlebih saat menghadapi medan yang menanjak dan membawa beban berat.

Selain itu, pemilik motor metik pun tentu harus lebih rajin lagi dengan mengecek kondisi CVT (continuously variable transmission) sebagai komponen penggeraknya. Sebab, CVT sangat rentan terhadap kerusakan. Harga yang cukup mahal harus dikeluarkan jika komponen suku cadang CVT rusak.

Nah itulah poin penting dari kelemahan dan kelebihan motor jenis skutik/metik dibandingkan sepeda motor Jenis bebek. Semoga artikel ini dapat menjadi wawasan yang bermanfaat. Salam Maniax..!